Home » » yang dibutuhkan Fotografer saat Memotret

yang dibutuhkan Fotografer saat Memotret

Written By Unknown on Tuesday, November 4, 2014 | 5:42 AM

yang dibutuhkan Fotografer saat Memotret


Bagi seorang profesional, fotografi bukan hanya kamera dan lensa. Ada banyak hal yang bisa dijadikan alat bantu agar gambar yang didapat sesuai dengan keinginan, beberapa diantaranya yaitu :

1. Monopod dan tripod
Monopod dan tripod merupakan alat penyangga kamera. Perbedaan Monopod dan Tripod terdapat pada penyangga. kedua alat ini digunakan untuk menghindari tremor (getaran yang menjadi gambar bergoyang).

2. Flash
Flash merupakan alat yang dapat memproduksi cahaya bantu. Alat ini mengeluarkan cahaya sebagai bantuan bagi kamera ketika cahaya untuk memperjelas objek sangatlah kurang. Kekuatan cahaya yang ditembakkan oleh flash pun bisa diseting sesuai dengan keinginan. Ada beberapa jenis flash diantaranya;

3. Handgrip
ini adalah badan tambahan yang didesain untuk memperkuat handle kamera. Selain menambah berat jenis kamera, handgrip memudahkan fotografer dalam melengkapi dengan tombol shutter. Jadi ketika memasang hangrip kamera anda mempunyai dua tombol shutter, hal ini memudahkan fotografer untuk menangkap objek ketika kamera diputar menjadi vertikal.

4. Filter
Filter merupakan alat pelindung bagi lensa, namun ia juga bisa digunakan sebagai alat mempercantik gambar. Lensa kamera sangat sensitif, goresan sedikit saja bisa merusak lensa tersebut. Filter diciptakan untuk melindungi lensa kamera, ia dipasang di depan lensa dan bentuknya seperti tutup lensa tapi terbuat dari kaca.Macam-mmacam filter :
a. Filter ultra violet : digunakan untuk pelindung lensa dan menyaring sinar ultraviolet yang berlebih masuk kedalam lensa. Filter ini tidak akan mempengaruhi warna yang ditimbulkan gambar.
b. Filter skylight : filter ini merupakan filter yang dapat memunculkan warna biru yang ada pada langit. Selain itu filter ini juga dapat mereduksi sinar ultra violet.
c. Filter polarizing : filter ini dapat menghilangkan pantulan bayangan yang ditimbulkan dari kaca. Selain itu bisa juga digunakan untuk menggelapkan warna langit.
d. Filter diffuser atau soft : memberikan efek soft pada objek. Biasanya dipakai untuk memotret objek manusia. Efeknya hampir sama seperti filter blur yang ada pada photoshop.

0 comments :

Post a Comment

BANTULKAMERA JALAN_WONOSARI

BANTULKAMERA DONGKELAN_JLN.BANTUL

Blog Archive