Home » » Fill in Flash Portrait Untuk Mengalahkan Sinar Matahari

Fill in Flash Portrait Untuk Mengalahkan Sinar Matahari

Written By Unknown on Wednesday, December 17, 2014 | 12:32 AM

Tips Mengalahkan Sinar Matahari

fill in flash 

Seringkali kita mengalami kondisi dimana harus memotret outdoor dengan pencahayaan alami(sinar matahari) pada panas terik. Baik itu acara pernikahan ataupun travelling kita sering menghadapi masalah yakni sinar matahari yang tidak merata terutama pada bagian wajah dan seluruh anggota tubuh pada umumnya. Hal ini tentu bukan sesuatu yang menarik untuk diabadikan, namun trik berikut akan mampu menjadi solusi terhadap masalah tersebut.  Teknik untuk mengalahkan sinar matahari disebut juga dengan Fill in Flash dalam dunia fotografi. Teknik ini menggunakan kilatan flash untuk melakukan fill in pada subjek sehingga cahaya matahari akan dikalahkan oleh cahaya flash. Teknik ini sangatlah sederhana yakni dengan cara mengatur exposure(Shutter Speed, Aperture dan ISO) pada setting yang tepat, kemudian  menguranginya sebanyak satu atau dua stop sehingga foto keseluruhan akan nampak lebih gelap. Untuk melakukan setting exposure yang cepat kita bisa meniru dari setting mode program yakni dengan cara merubah kamera pada mode P(Program) kemudian mengarahkan fokus ke subjek dan menekan setengah rana. Pada layar LCD akan tampil settingan auto dari mode Program, kemudian ganti ke mode manual, setting Shutter Speed dan Aperture sesuai dengan mode Program tadi. Untuk mengurangi exposure cukup persempit aperturenya yakni dengan cara menaikkan diafragma, misalkan dari F/11 ke F/16. Kemudian coba ambil gambar, apabila dirasa kurang gelap boleh menaikkan angka aperture.

Setelah dirasa pas, langkah selanjutnya adalah menyalakan lampu Flash. Atur seberapa kekuatan lampu flash, anda dapat menaik turunkan flash exposure bila perlu. Teruslah ambil bidikan percobaan sampai hasil yang didapatkan memuaskan. 

fill in flash
Dalam teknik ini kita bisa menggunakan flash bawaan kamera / pop up flash, namun kekuatan cahayanya kurang sehingga kita perlu mendekat ke subjek sehinga kemungkinan subjek akan memenuhi frame. Menggunakan dedicated flash/lampu kilat khusus yang terpasang pada hot shoe akan jauh lebih baik karena kita bisa mengatur jarak.

Sumber : http://askthephotographer.com

0 comments :

Post a Comment

BANTULKAMERA JALAN_WONOSARI

BANTULKAMERA DONGKELAN_JLN.BANTUL

Blog Archive